Kamis, 08 November 2012

Maluku Mempesona Dunia



NEGERI NIRWANA ITU BERNAMA MALUKU
Serpihan kenangan di Jazirah Para Raja
Nusaniwe Tanjung Alang Labuan Raja
Pasir putih Tanjung Benteng manise
Kapal-kapal deng perahu pun berlayar
Masuk Ambon dan keluar Ambone
Sio apa tempo kulihat lagi
Ambon tanah asalku…


Apa kata yang paling pantas untuk menyebutkan Maluku? Indah!!! Hanya satu kata itu yang mampu menggambarkan sejuta pesona alam Maluku yang membuai siapa saja. Mungkin kata lain yang juga pantas disematkan adalah ; Luar Biasa!!!

Maluku adalah negeri legenda. Maluku mempesona dunia. Pesonanya tersohor hingga ke ujung Eropa. Pesona imilah yang menggerakkan para pedagang Arab serta pelaut dari Spanyol dan Portugis berabad-abad lalu rela membelah lautan hanya untuk menemukan negeri surgawi ini. Bahkan, Spanyol pernah melenyapkan letak kepulauan Maluk dari peta dunia agar tak diketahui oleh pelaut-pelaut asing yang sangat bernafsu datang ke Maluku.

Nama Maluku diambil dari istilah “jazirah al-mulk” yang berarti semenanjung raja-raja. Sebagian besar wilayah Maluku adalah lautan, yang menyimpan pesonanya tersendiri. Bagi Maluku, lautan adalah anugrah, selain hasil bumi berupa rempah-rempah. Sempurna! Maha Besar karya Ciptaan Allah. Di atas bumi Maluku tumbuh pala, cengkeh dan rempah-rempah. Di bawah laut Maluku tersimpan pesona keindahan luar biasa. Laut Banda sangat melegenda dengan keindahan taman bawah lautnya. Di kedalaman lautnya yang biru tumbuh aneka ragam terumbu karang yang berwarna warni, dikelilingi aneka macam ikan hias. Kombinasi pesona darat dan keindahan bawah laut inilah yang kemudian Maluku dijuluki sebagai kepulauan surga.

Co be continued….
Maluku, tunggu beta bale..







Papeda, makanan khas Maluku. Terbuat dari Sagu dan biasanya ditemani dengan ikan kuah kuning.Dimakan dengan cara diputar/dipelintir dengan stik kayu atau sendok.

1 komentar:

Tolong jangan memberikan komentar yang menyudutkan, agitasi ataupun berbau ras.. Terima Kasih. -NS-

JEJAK PEDULI DI TEKASALO

JEJAK PEDULI DI TEKASALOKemitraan – KBCF. Program yang baik adalah yang mampu menciptakan kemandirian. Begitulah... Posted by Salim L...